Selasa, 24 Juli 2018

3.2 memahami troubel shooting data link jaringan LAN

Memahami troubelhooting Data Link Jaringan LAN 

  1. Lapisan data link 
Lapisan data Lik ( data link layer ) adalah lapisan kedua dari baawah dalam model OSI,yang dapat melakukan konverso frame-frame jaringan yang  berisi  data yang dikirimkan melalui bit-bit mentah agar dapat diproses oleh lapisan fisik.

2.Troubelshooting Lapissan Data Link
  • Code Word Humming : seperangkat koreksi kesalahan kode yang dapat digunakan untuk mendeteksi dan memperbaiki kesalahan bit yang dapat terjadi ketika data komputer dipindahkan atau disimpan.
  • Jaringan beroperasi dibawah level  performa.
  • exercise broadcast 
  • console massage.
  • Encapsulation Eror,address mapping error, framing eror SIP failure of loops.
3.Deteksi kesalahan 
  • Forward eror control : dimana setiap karakter yang ditransmisikan atau frame berisi informasi tambahan (redudant) sehingga bila penerima tidak hanya dapat mendeteksi dimana eror terjadi, tetapi juga menjelaskan dimana aliran bit yang diterima eror.
  • feedback ( backward) eror control : dimana setiap karakter atau frame memiliki informasi yang cukup untuk memperbolehkan penerima mendeteksi bila menemukan kesalahan tetapi tidak lokasinya.
feedback eror control dibagi menjadi 2 bagian, yaitu :
  1. Teknik yang digunakan untuk deteksi kesalahan 
  2. Kontrol algoritma yang telah disediakan untuk mengontrol transmisi ulang
4.Kesalahan - kesalahan Data Link Layer
  1. Codewoed Hamming
  2.  No funcionally or connectivity at the network layer or above
  3. Network is operating belowbaseline performance levels
  4. excessive broadcoast
  5. Console massage
  6. encapulation errors,address maping erroes, framing errors, STP failure or loop.
5.MAC 48 Bit Addressing
Hasil gambar untuk mac 48 bit addressing

MAC Address  (Media Access Control Address ) adalah sebuah alamat jaringan yang diimplementasikan  pada lapisan data link dalam Tujuh  lapisan model OSI yang mempresentasikan  sebuah node tertentu dalam jaringan.

  • Cara Kerja  : MAC addressmengizikan perangkat - perangkat dalam jaringan agar dapat berkomunikasi antar satu dengan yang lainnya. 
  • pengalamatan : Dalam sebuah komputer, MAC address ditetapkan ke sebuah kartu jaringan ( network  interface card/NIC) yang digunakan untuk menghubungkan komputer yang bersangkutan ke jaringan.
5.transparan bridging : Bridge adalah sebuah perangkat antar jaringan yang meleray frame - frame data dari satu segmen jaringan ke segmen jaringan lain, sehingga menjadikan segmen - segmen jaringan tersebut muncul menjadi sebuah LAN tunggal yang besar,yang disebut sebagai extentded LAN atau bridged LAN.
Hasil gambar untuk Transparan bridging

Deteksi kesalahan

Strategi pertama menggunakan kode-kode pengkoreksian eror (eror-correcting codes ) dan strategi kedua menggunakan kode-kode pendeteksi eror

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

JOB SHEET TROUBLESHOOTING LAPISAN FISIK DAN DATA LINK JARINGAN LAN Alat, Software Dan  Bahan : 1)        PC 2)     ...